Beranda » Tips Wisata » Tips Perjalanan Kuala Lumpur ke Singapore Menggunakan Kereta Api

Kebanyakan masyarakat Indonesia jika pergi ke luar negeri untuk pertama kalinya tujuan paling banyak adalah Singapura atau Malaysia. Yap, dua negara tersebut adalah negara tetangga yang paling dekat dengan Indonesia. Jakarta Singapura hanya ditempuh satu jam lebih, dan Jakarta Kuala Lumpur hampir dua jam dengan pesawat. Selain itu, harga tiket penerbangan ke dua negara tersebut dari Jakarta pun cukup terjangkau. Pertanyaannya bagaiamana tips perjalanan Kuala Lumpur ke Singapore menggunakan kereta api? artikel ini akan menjelaskan kepada Anda secara detail caranya.

Lupakan Sleeping Train

Dulu, kereta antarbandar Malaysia cukup berjaya karena memiliki peminat yang cukup tinggi. Apalagi dulu memiliki gerbong khusus untuk traveling yang ingin tidur di kereta. Namun, beberapa tahun belakangan KTM selaku operator kereta antarbandar sedang melakukan pembenahan rel dan jalur kereta ini. Hal itu membuat adanya beberapa perubahan yang cukup berbeda.

Sleeping train sudah tidak ada lagi, karena lokomotif berbahan bakar minyak sudah dipensiunkan dan diganti dengan ETS (kereta listrik).

Yang jadi persoalan adalah jalur ETS saat ini sudah tidak ada yang langsung menuju Woodland atau JB Sentral. Jadi Anda dari KL Sentral akan menuju stasiun Gemas terlibih dahulu kemudian dari Gemas menuju JB Sentral. JB Sentral adalah check poin imigrasi Malaysia sebelum nyebrang ke negara Singapura.

Beli tiket di KL Sentral

Untuk bisa menaiki kereta antarbangsa ini Anda dapat membeli tiketnya di konter tiket KTM Antarbandar (tanya security yah). Anda akan berangkat dari KL Sentral sekitar pukul 00.00 waktu Kuala Lumpur dengan biaya KL Sentral ke JB Sentral 52 Ringgit.

Anda akan tiba di stasiun transit Gemas pada pukul 3 dini hari dan melanjutkan perjalanan ke JB Sentral pada pukul 4. Kereta yang diguanakan dari KL Sentral ke Gemas menggunakan ETS (kereta listrik), dan dari Gemas ke JB Sentral menggunakan kereta lama (berbahan bakar minyak). Kedua kereta tersebut cukup nyaman, kalau di Indonesia seperti kelas bisnis. Anda akan tiba di JB Sentral pada pukul 9 kurang.

Lanjut ke JB Sentral Check Poin

Setelah Anda tiba di Stasiun JB Sentral, Anda langsung naik ke lantai atas dan menuju Check poin, ikuti petunjuk arah TO WOODLAND. Akan banyak sekali orang yang lalu lalang selama Anda berjalan, dan setelah Anda melewati imigrasi Anda akan menuju basemant untuk naik bus SMRT nomor 950 tujuan Woodland. Harganya 1,6 ringgit perorang (bayar dengan uang pas). Jangan lupa ambil tiket berwarna pink atau merah jambu untuk melanjutkan perjalanan menggunakan bus yang sama di Woodland Check poin (imigrasi Singapura).

Anda akan turun dari bus 950 di pintu masuk gedung Woodland Check Poin kemudian naik ke lantai atas untuk check imigrasi. Nah, disini ada sedikit tantangan karena biasanya banyak yang terkena random checking oleh petugas imigrasi. Oleh sebab itu, isi form imigrasi secara jelas, harus diisi semua, kemudian siapkan tiket pesawat pulang dan voucher hotel tempat Anda menginap.

Lanjut ke Stasiun Woodland

Setelah melewati imigrasi Singapura Anda akan turun ke lantai dasar dan kembali menaiki Bus SMRT tujuan Woodland dengan nomor 950. Anda tinggal memasukkan tiket kecil warna merah jambu yang sebelumnya didapat. Sesampainya di Woodland Singapura Anda tinggal menaiki MRT dengan stasiun tujuan Anda.

Itulah tips perjalanan Kuala Lumpur ke Singapore menggunakan kereta api semoga informasi ini bermanfaat, dan jika Anda ingin mengikuti Open Trip 2 negara Reflytrip memiliki penawaran menarik untuk Anda. Silahkan kunjungi Reflytrip.com/tour untuk informasi lebih detail. Selamat berlibur!

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.