Beranda » Tips Wisata » Tips Perjalanan Ibadah Umroh Yang Wajib di Ketahui

Persiapan paling utama yang perlu kita persiapan sebelum anda berangkat melalakukan tips umroh adalah kesehatan fisik, baik kesehatan fisik mental maupun spiritual anda.

Sebelum keberangkatan umroh

Tips yang pertama adalah agar bisa mendapatkan fisik yang banayak dan mental yang sehat dan bisa dapat diperoleh antara lain dengan melakukan general check up. Vaksinasi untuk beberapa jenis penyakit tertentu yang ada pada diri anda,Anda juga sangat dianjurkan untuk melakukan. Anda juga perlu mengembangkan gaya hidup sehat anda dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang seimbang zat gizinya, selain itu juga anda harus melakukan olah raga secara rutin.

Gaya hidup anda yang sehat juga bisa dapat menjaga tubuh anda agar bisa selalu bugar saat sebelum maupun menjalankan atau ketika sudah menjalankan ibadah umroh. Melatih kekuatan otot kaki juga harus sangat disarankan ketika umroh, anda akan melakukan jalan kaki berpuluh puluh kilometer setiap harinya. Hal lain yang perlu anda perhatikan adalah ketika sedang dalam cuaca ekstrim di tanah suci. Sehingga anda juga perlu mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin seperti membiasakan diri tersengat oleh sinar matahari yang terik. Pakaian juga perlu dipertimbangkan dengan sebaik mungkin agar anda tidak kekurangan pakaian ketika sudah menjalankan umroh.

Pakaian terpenting yang disarankan untuk bisa dibawa antara lain adalah baju yang hangat, kaus tangan, kaus kaki dan juga tutup kepala. Anda juga bisa perlu membiasakan untuk mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup banyak dan sebaiknya menghindari minuman manis. Dalam udara yang panas nanti, konsumsi air putih akan mencegah tubuh anda mengalami dehidrasi. Minuman yang manis juga akan bisa mengakibatkan darah menjadi pekat serta membuat anda cepat sekali bisa merasa lelah.

Ketika umroh

Ketika umroh, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan agar bisa terhindar dari masalah, antara lain adalah sebagai berikut.

Ketika sudah mengunjungi masjidil haram

Menggunakan tas yang transparan juga akan mempermudah anda ketika dilakukan pemeriksaan ketika berada di masjidil haram nanti. Anda juga bisa dapat memilih tas yang memiliki tali cukup panjang ,sehingga anda bisa dilingkarkan di pundak ketika melakukan thawaf maupun sa’i. Anda juga perlu membawa barang-barang seperti misalnya, sajadah dengan ukuran yang sedang dan tidak terlalu besar serta mudah untuk dilipat, Al – Qur’an dalam ukuran kecil saja,maupun buku buku untuk doa, kantung plastik yang digunakan untuk membungkus sandal, anda juga harus membawa botol plastik untuk mengambil air zam zam, uang untuk sedekah, serta membawa kacamata hitam. Sebaiknya untuk tidak membawa barang yang terlalu banyak karena akan membuat proses pemeriksaan menjadi lama dan bisa menguras banyak waktu, anda juga bisa diminta untuk meninggalkan barang-barang yang banyak di bawa tersebut di luar, selain itu juga anda tidak dapat diperbolehkan untuk membawa handphone.

Ketika Berthawaf

Ketika anda sedang melakukan thawaf, sebaiknya anda jangan sampai terpisah dari rombongan maupun dari pasangan. Tidak bisa dianjurkan juga untuk thawaf sendirian untuk anda yang perempuan. Ikutilah arus jalan dari putaran thawaf dan jangan mencoba untuk menyeberangi demi mendekati kakbah. Apabila anda membawa uang, maka simpanlah di kantung yang menempel pada anggota badan.

Agar bisa mencium hajar aswad

Hal pertama yang perlu anda bisa lakukan adalah mengikrarkan niat anda dengan ikhlas demi mengikuti sunnah dari Rasulullah. Memakai pakaian yang sopan, serta tidak boleh membawa kamera, handphone, maupun barang berharga lain. Untuk mencium bisa hajar aswad sebaiknya anda melakukan di hari yang tidak bersamaan dengan kegiatan haji lainnya. Ketika berangkat, memohonlah kepada Allah SWT, atas pertolongan-Nya.

 

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.