Beranda » Singapore » Tips Liburan ke Singapore Dengan Budget 2 Juta

Welcome back to Reflytrip page!

Setelah mengulas sedikit tentang salah satu tempat hits di Singapore, sekarang saya mau sharing tentang tips traveling murah ke Singapore!

Ngga bisa disangkal lagi, buat para traveler pemula atau traveler muda biaya memang jadi salah satu kecemasan utama ketika memutuskan destinasi traveling, begitupun bagi saya. Apalagi ketika kita juga memiliki banyak kebutuhan lainnya tapi butuh banget liburan Harus pinter me-manage gaji yang tak seberapa tapi kebutuhan tak terhingga, hehehe.

Nah saya punya beberapa tips untuk traveling murah ke Singapore!

1. Hunting tiket promo jauh-jauh hari

Ini dia yang paling utama! Tiket promo itu seperti primadona yang didamba-dambakan oleh para traveler terutama budget-traveler seperti saya. Untuk trip ke Singapore ini saya memakai maskapai Air Asia dan membeli langsung di website Air Asia.

Saya membeli tiket ini sangat jauh-jauh hari yaitu di bulan Maret 2018 untuk keberangkatan April 2018, hahaha. Waktu itu Air Asia lagi ngadain promo kursi 0 rupiah dan saya langsung hunting dan mendapatkan harga Rp516.000 pulang-pergi Jkt-Sing.

Maskapai penerbangan biasanya mengadakan promo atau diskon hanya untuk pembelian langsung di website resmi mereka, jadi rajin-rajin mengecek media sosial dan website maskapai ya untuk tetap ter-update sama promo yang sedang berlangsung 🙂

Asuransi juga bisa menjadi penghemat biaya tiket. Harga asuransi Air Asia sekitar Rp85.000 dan waktu itu saya putuskan untuk tidak memakai asuransi karena benar-benar ingin hemat.

2. Beli tiket atraksi secara online

Buat apa jauh-jauh ke negara orang tapi tidak mengunjungi tourism spot yang wajib dikunjungi, ya kan? Kalian ngga perlu khawatir untuk pembelian tiket masuk atraksi karena sekarang sudah banyak website yang menjual tiket atraksi berupa e-ticket yang harganya bisa jauh lebih murah dibandingkan pembelian on the spot.

Kebetulan kemarin saat ke Singapore saya ke Universal Studio, tiketnya beli online di Traveloka seharga Rp590.000, lebih murah dibandingkan membeli on the spot yang harganya berkisar 70an dollar singapore. Strategi ini juga saya terapkan ketika membeli tiket pertunjukkan Siam Niramit Show di Bangkok.

3. Menginap di hostel yang budget-friendly

Sebelum berkunjung ke suatu negara, carilah backpacker area yang ada di kota/negara tersebut. Biasanya di daerah tersebut biaya hidupnya jauh bisa lebih murah, baik dari segi penginapan maupun makanannya.

Bugis dan Little India merupakan area favorit bagi para budget-traveler yang melancong ke Singapore. Di area ini banyak sekali terdapat hostel murah meriah yang berkisar Rp100.000an per malam. Murah banget bukan? Saya sendiri kemarin menginap di Sleepy Kiwi di area bugis dengan rate sekitar Rp120.000 per malam.

Kalian jangan sungkan untuk menginap di hostel, apalagi yang kamar dormitory (asrama) karena memang harganya sangat ramah di kantong. Untuk perempuan jika merasa kurang nyaman sebaiknya memilih kamar dormitory khusus perempuan seperti yang selalu saya lakukan. Untuk menjaga barang-barang agar tetap aman.

4. Tidak usah membeli kartu SIM

Karena saat itu budget saya ketat sekali jadi saya tidak membeli kartu SIM selama di Singapore. Karena harganya mahal, diatas 10 dollar dan sebenernya tidak terlalu butuh. Di hostel maupun tempat atraksi tertentu biasanya sudah ada free Wifi dan (kalau saya sih) merasa tidak perlu check in di sosial media setiap saat, jadi saya biarkan saja hp saya tanpa paket data. Selain lebih hemat, liburan juga lebih bisa dinikmati tanpa internet yang selalu menyala.

5. Pakai kartu Singapore Tourist Pass

Karena saya selalu pakai kendaraan umum ketika traveling, maka sebelum berangkat saya sudah cek sistem transportasi umum di Singapore. Transportasi utama disana adalah MRT, LRT dan bis. Nah saya membaca beberapa artikel mengenai sistem tiketingnya. Ada 3 jenis tiket yang bisa kita pakai, tiket sekali jalan, kartu Ezlink (dengan sistem deposit saldo seperti kartu Flazz, E-Money), dan Singapore Tourist Pass (dengan sistem unlimited berjangka waktu).

Dengan pertimbangan akan banyak wara-wiri memakai MRT, maka saya putuskan untuk memakai kartu Singapore Tourist Pass (STP). Kartu STP ini dapat dibeli di stasiun MRT Terminal 2 Bandara Changi Airport.

Inilah salah satu hal yang saya sukai dari Singapore. Dengan sistem transportasi umum yang tertata rapi, kita bisa menjangkau bandara Changi dengan sangat mudah dan cepat, sehingga kita bisa memprediksi dengan tepat pukul berapa harus kembali ke bandara tanpa takut terjebak kemacetan dan lainnya.

silahkan kunjungi website Agent Tour dan Travel Terpercaya di www.reflytrip.com

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.