Beranda » Singapore » Perbedaan Kartu Ez Link, STP dan STP Plus untuk Traveling di Singapura

Buat kamu yang mau solo traveling ke Singapura, sepertinya kamu perlu mengetahui perbedaan antara Ez Link, STP dan STP Plus selama traveling di Singapura.

Ketiga kartu tersebut bisa digunakan untuk menaiki beberapa transportasi yang ada di Singapura seperti MRT, LRT dan Bus. Kamu tidak perlu khawatir kesasar karena ada banyak petunjuk yang bisa kamu gunakan. Jangan lupa aktifkan paket internet kamu atau mengambil beberapa brosur peta MRT di passengers service bandara yang juga menyediakan ketiga kartu tersebut.

Kartu Ez Link

Untuk kartu Ez Link, harganya sekitar 12 dolar Singapura. Harga tersebut sudah termasuk saldo sebesar 7 dolar Singapura dan sisanya 5 dollar Singapura merupakan harga pembelian kartu Ez link Singapore.

Kartu Ez Link tidak berbeda jauh dengan kartu pembayaran non tunai yang ada di Indonesia yang diterbitkan oleh beberapa bank. Biasanya sekitar Rp50.000. Harga tersebut sudah termasuk saldo sebesar Rp30.000 dan harga kartunya Rp20.000.

Kartu Ez Link ini berlaku selama 5 tahun. Minimal top up sebesar 10 dolar Singapura. Jika kamu memang tidak memiliki banyak lokasi wisata dikunjungi saat di Singapura, kartu Ez Link sangat cocok untuk kamu gunakan untuk menghemat biaya.

Namun perlu kamu ketahui bahwa kamu harus rajin mengecek saldo yang ada dalam kartu Ez Link kamu. Soalnya kamu tidak bisa menggunakannya jika saldonya kurang dari 3 Dollar Singapura.

Kartu Singapore Tourist Pass (STP)

Buat kamu yang suka berencana sejak jauh hari ingin traveling di Singapura dalam waktu yang cukup lama ataupun seharian dengan mengunjungi banyak lokasi wisata, sebaiknya kamu membeli kartu Singapore tourist pass.

Harga kartu ini cukup terjangkau sekitar 10 dolar Singapura untuk penggunaan selama 1 hari. Namun kamu harus memberikan uang jaminan sebesar 10 dolar Singapura. Sehingga yang kamu bayarkan pada saat awal adalah sebesar 20 dolar Singapura. Tapi kamu tidak perlu khawatir karena uang deposit kamu bisa diambil kembali. Yang jelas kamu harus mengembalikan kartu STP kamu sesuai ketentuan yang berlaku untuk mengambil uang deposit.

Kartu STP ini merupakan kartu super sakti saat kamu traveling di Singapura. Kartu ini bisa digunakan tanpa batas alias unlimited untuk menaiki beberapa transportasi di Singapura seperti bus umum, MRT, dan juga LRT.

Jika kamu tidak ingin mengembalikan kartu ini kamu bisa memilikinya. Masa kadaluarsanya adalah 6 hari sejak pembelian. Jika sudah melewati 6 hari sejak pembelian maka kamu tidak bisa mengambil uang deposit. Namun kamu masih tetap bisa mempergunakan kartu SD tersebut dan fungsinya berubah menjadi kartu Ez link, yang dananya bisa di top up.

 

Kartu Singapore Tourist Pass Plus (STP Plus)

Kartu STP Plus sebetulnya tidak jauh berbeda dengan kartu STP biasa. Namun kartu STP Plus memiliki fasilitas tambahan. Fasilitas tersebut sudah termasuk bisa digunakan untuk menaiki transportasi umum seperti bus, MRT, dan LRT di Singapura. Tambahan lainnya kamu bisa melihatnya di bawah ini.

Pilih 4 dari 9 keuntungan STP Plus

  1. Laksa at Cravilla
  2. Mee Siam at Cravilla
  3. Kaya Toast Set at Cravilla
  4. Curry Chicken at Cravilla
  5. Chee Cheong Fun at Cravilla
  6. Cha Soba at Hokkai Villa
  7. Singapore Sling at ;D Happy Factory
  8. Admission to Mint Musuem of Toys
  9. Admission to Chinatown Heritage Centre

 

Untuk harga kartu STP Plus satu hari dikenakan biaya 28 dolar Singapura. Namun bila digunakan untuk 3 hari kamu harus membayar sebesar 38 dolar Singapura. Harga tersebut belum termasuk deposit 10 dolar Singapura.

 

Kartu ini bisa kamu dapatkan di Pusat layanan penumpang seperti di Bandara Changi ataupun di Stasiun LRT dan MRT yang ada di Singapura.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.