Beranda » Tips Wisata » Manfaat Jalan Kaki Saat Traveling Bagi Kesehatan Tubuh

Saat traveling, jangan terlalu sering mengandalkan kendaraan umum. Jalan kaki saat traveling juga cukup mengasyikkan. Selain gratis, ternyata banyak juga manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

Traveling sambil jalan kaki baik untuk dilakukan. Jalan kaki memang sepertinya melelahkan, tetapi sebenarnya memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh.

bahwa setiap aktivitas fisik termasuk jalan kaki itu membutuhkan energi. Energi bisa didapat dari pembakaran bahan makanan yang ada di dalam tubuh.

Hasil pembakaran ini akan diedarkan oleh jantung ke seluruh tubuh terutama tungkai dan kaki, jantung pun akan berdenyut lebih cepat. Proses ini juga akan memaksa tubuh untuk melatih kekuatan, keseimbangan, daya tahan tubuh bahkan daya ingat. Jika tidak melakukan aktivitas fisik maka tubuh tidak akan terlatih.

dr Michael menyebutkan bahwa menurut American College of Sports Medicine (ACSM), umumnya setiap orang butuh bergerak 150 menit per minggu agar dapat menjaga kesehatan tubuhnya. Jadi, sebaiknya aktivitas fisik dilakukan selama minimal 30 menit per hari.

Melakukan aktivitas fisik saat traveling bisa sekaligus jadi ajang untuk diet karena dapat menurunkan kadar lemak dalam tubuh asalkan jalan kaki dilakukan lebih dari 30 menit. Pada menit-menit awal dilakukannya aktivitas fisik, karbohidrat akan dibakar terlebih dahulu. Setelah lebih dari 20 menit, maka lemak pun akan dibakar.

“Jadi, pertama kali kita bergerak yang dibakar adalah gula, setelah menit ke 20 dan selebihnya, dengan intensitas yang sama maka yang dibakar adalah lemak,” jelasnya.

Namun, aktivitas fisik yang dilakukan juga tidak boleh berlebihan. Beban setiap aktivitas fisik memang berbeda-beda. Misalnya saja saat naik gunung, traveler tidak boleh terlalu bersemangat sampai mengabaikan istirahat karena dapat berbahaya bagi kesehatan.

“Kalau bicara naik gunung tidak bisa digeneralisasi. Tapi secara umum, setiap setengah jam sampai 1 jam butuh istirahat. Katakanlah kita naik gunung tanpa beban, tapi kalau kita bawa daypack atau peralatan yang berat itu 30 menit butuh istirahat,” jelas dr Michael.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.