Beranda » Berita » Inilah Dua Paspor Yang Paling Sakti di Dunia

Penduduk Singapura dan Jepang patut bersyukur. Pasalnya, dua Negara ini baru saja memastikan menjadi Negara dengan paspor paling sakti di dunia.

Alasan yang membuat kedua Negara memiliki paspor paling sakti di dunia cukup sederhana. Hanya dengan paspor saja, Singapura dan Jepang bisa masuk ke 180 negara di dunia tanpa visa. Kebayang betapa senangnya warga Indonesia jika paspornya sesakti itu.

Berita yang cukup mengejutkan karena paspor orang Jerman yang selama ini bertengger sebagai paspor paling sakti di dunia harus bergeser oleh Singapura, seperti yang diberitakan Hanley Passport Index.

Jerman disalip Singapura

Sebetulnya, selisih Negara yang dapat dikunjungi dengan paspor Jerman dan Singapura hanya berbanding satu Negara saja. Paspor Jerman dapat mengunjungi 170 negara tanpa pusing mengurus visa.

Posisi selanjutnya di urutan ketiga ditempati oleh Italia, Prancis, Spanyol, Denmark, Finlandia, Swedia, dan Korsel. Wow, betapa asyiknya menjadi penduduk warga Negara yang memiliki paspor sakti ya.

Mengurus visa di Indonesia memang menjadi hal yang terkenal sulit dan menjadi kendala bagi warga yang ingin keliling dunia. Namun, justru disitulah seninya.

Sebagai contoh, mengurus visa ke Korea Selatan saja diperlukan persyaratan yang wajib dipenuhi mulai dari tiket pesawat, voucher hotel, surat keterangan kerja hingga NPWP. Dan bahkan untuk visa eropa haris disertakan itinerary meskipun Cuma dituliskan secara global, tapi cukup merepotkan bukan.

Beda cerita ketika ingin ke Malaysia atau Singapura. Anda tinggal dating dan menujukkan bukti tiket pulang saja. Untuk urusan hotel dan destinasi wisata Anda bisa fikirkan setelah tiba di Negara tersebut.

Jika dibandingkan Singapura, Indonesi sangat tidak sebanding. Karena saat ini paspor Indonesia hanya berada di urutan 64 dengan cakupan 63 negara yang bebas visa. Beberapa alas an mengapa Indonesia menjadi salah satu Negara yang memiliki paspor lemah dari beberapa sumber, seperti anggapan Indonesia kurang potensial untuk mendatangkan wisatawan, disamping itu pertimbangan dokumentasi paspor yang seringkali disalahgunakan.

Apalagi Indonesia bisa dibilang menjadi salah satu Negara yang cukup rawan dengan berita terorisme. Itulah yang menjadi penyebab Negara di dunia masih banyak yang mempertimbangkan untuk memberikan bebas visa bagi Indonesia.

Berbeda Indonesia dengan Singapura, Singapura terkenal dengan aturan yang ketat. Bahkan warga Indonesi saja kerap deg degan jika melewati imigrasi Singapura yang seringkali terkena random checking. Padahal kedua Negara ini memiliki kerjasama bilateral.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.