Beranda » Tips Wisata » Cara Naik MTR Di Hongkong Untuk Yang Baru Pertama Kali

MTR atau yang di artikan Mass Transit Railway adalah salah satu angkutan paling tercepat dan paling modern di dunia saat ini yang bisa kamu coba saat traveling ke Hongkong. Untuk kamu yang pertama kali ke Hongkong, berikut adalah panduan cara naik MTR di Hongkong.

Sebetulnya jika untuk jarak dekat, kamu bisa jalan kaki karena trotoar di Hongkong sangat ramah bagi pejalan kaki. MTR sebaiknya hanya digunakan untuk orang-orang yang mengejar waktu ketika ingin mengunjungi beberapa tempat wisata sekaligus. Namun, rasanya tidak ada rasa pemandangan menarik yang bisa dilihat saat kamu menggunakan MTR di Hongkong.

Tapi, saat kamu ke Hongkong tentu salah satu yang wajib kamu coba adalah menaiki sistem transportasi yang banyak mendapatkan pujian di seluruh dunia ini. Semoga di Jakarta dan Indonesia bisa segera mewujudkan sistem transportasi yang nyaman dan aman seperti MTR ini.

 

1.    Cari Petunjuk Stasiun MTR

Jika kamu berangkat dari bandara, kamu bisa langsung mencari tanda stasiun MTR. Jika dilihat tandanya tak berbeda jauh dengan ikon laba-laba. Betul kan?

Tanda inilah yang bakal banyak kamu jumpai sebagai tanda petunjuk keberadaan stasiun MTR.

2. Gunakan Kartu Octopus

Untuk naik semua jenis transportasi di Hongkong, agar lebih mudah kamu bisa menggunakan kartu Octopus yang bisa kamu dapatkan di Customer Service stasiun atau bandara. Cari tanda “spider” dulu yah. Karena tidak seluruh konter Customer Service menyediakan kartu Octopus secara langsung.

Kartu Octopus ini adalah kartu yang bisa kamu gunakan untuk naik bus, trem dan tentu saja MTR ketika kamu di Hongkong. Selain itu juga ada beberapa gerai yang menerima pembayaran dengan menggunakan kartu Octopus. Harganya sekitar $150 dollar Hongkong sudah termasuk deposit sebesar $50 dollar. Nantinya deposit bisa diambil dan akan dipotong biaya admin sebesar $9 dollar Hongkong. Jika masih ada sisa kredit pun tetap bisa kamu cairkan kok.

3. Unduh Peta MTR Hongkong

Setelah mendapatkan tiket dengan menggunakan kartu Octopus kamu bisa segera melakukan perjalanan ke tempat tujuan. Sebelumnya unduh dulu peta jalur MTR di Hongkong agar mempermudah untuk kamu turun dimana. Setelah tahu tujuan kamu hendak kemana, tinggal masuk ke jalur menggunakan entrance gate. Jangan lupa tap kartu Octopus kamu ya supaya pintu bisa terbuka.

Setelah itu tunggu MTR datang di tempat yang sudah disediakan. Antre sesuai dengan jalur yang ada. Dahulukan penumpang yang keluar/turun terlebih dahulu. Setelah berada di dalam gerbong, pastikan kamu berhenti di stasiun yang tepat sesuai dengan tujuan

 

4. Cari Pintu Keluar Terdekat

Karena stasiun MTR itu sangat panjang, penting juga untuk mengetahui dimana kamu masuk dan dimana kamu harus keluar. Misalnya jika kamu mau ke stasiun trem The Peak, kamu harus keluar di Stasiun Central Gate K. Dari exit gate itu kamu tinggal berjalan kaki sekitar 10 menit ke stasiun trem the Peak.

Cara mengetahuinya tentu saja dengan peta melalui Google Maps

Jika kamu masih belum paham, kamu bisa bertanya pada petugas dengan seragam khusus yang biasanya bersiaga di sekitar loket masuk dan loket keluar.

5. Jangan Lupa Ambil Deposit di Bandara atau Stasiun Terdekat

Untuk pengalaman pertama rasanya sangat wajar jika kamu masih bingung. Tapi untuk perjalanan berikutnya pasti kamu akan dengan mudah cara naik MTR. Anggap saja kamu sedang menggunakan Commuter Line di Jakarta soalnya tidak jauh beda. Pastikan tujuan kamu sudah benar terutama jika harus melalui stasiun transit.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.