Beranda » Berita » Cara Mencari Tiket Pesawat Murah Walaupun Tidak Lagi Promo

Pada tahun 2013, semua maskapai per-budget mulai rendah,banyak sekali yang berlomba-lomba memberikan harga tiket pesawat murah. Saya juga pernah mendapatkan tiket pesawat pulang pergi seharga Rp 110.000 untuk dari rute Jakarta-Medan dengan Citilink dan Rp350.000 untuk dari rute Jakarta-Bali dengan Air Asia.

Memperhatikan terlebih dahulu ke mana tujuan Anda

Tentukan waktu yang terbaik untuk tujuan Anda membeli tiket untuk bisa mendapatkan harga yang termurah. Jika rute yang Anda pilih adalah rute yang banyak sekali dilayani maskapai (terutama maskapai budget yang sanagat rendah), sama seperti Singapura, Kuala Lumpur, Bali, Yogyakarta, dan Surabaya, maka Anda harus berpintar-pintar untuk membaca harga, karena harga sangat bercenderung fluktuatif. Jika Anda bisa menemukan satu harga yang akan Anda pikir adalah harga yang sangat termurah dan bisa Anda dapatkan, maka saya memberi saran agar Anda membeli tiketnya saat waktu itu juga.

Tetapi jika rute yang Anda pilih itu adalah rute yang tidak banyak dilayani oleh maskapai yang ber-budget rendah atau bukan juga rute “ramai” wisatawannya, seperti Kota Banjarmasin, Belitung, Tanjung Pinang, dan Banda Aceh, maka kapan pun Anda ingin membeli tiketnya, walaupun dua bulan, satu bulan, atau bahkan satu minggu sebelum memulai keberangkatannya, harganya tidak akan memperlihatkan perbedaan yang signifikan. Mengapa seperti itu? Di karenakan maskapai yang akan  melayani rute ini menerapkan sistem-sistem year-round fare yang artinya harga tiket pesawatnya akan bisa kurang lebih sama sepanjang tahun, kecuali pada high season, seperti Lebaran dan liburan akhir tahun.

Memperhatikan maskapai yang akan Anda pilih

Setelah Anda memilih rutenya, Anda juga harus memperhatikan maskapai yang melayani rute tersebut. Kecenderungannya, harga Low Cost Carrier (LCC) akan bisa lebih murah jika dipesan dari jauh-jauh hari dan juga akan bisa meningkat drastis jika dipesan hanya dengan beberapa minggu atau beberapa hari sebelum keberangkatan. Sementara itu maskapai full-service bercenderung menerapkan year-round fare pada harga tiket pesawat yang akan di pesan, sehingga bisa kurang lebih sampai sepanjang tahun.Terkadang juga, harga tiket pesawat full-service bisa akan lebih murah ketimbang LCC jika kita membelinya dekan dengan hari keberangkatan.

Saya akan memberikan sedikit tip jika Anda menggunakan Lion Air , sering-sering lah Anda memantau harganya. Karena berdasarkan pengalaman yang saya alami, Lion Air adalah salah satu airline yang paling sering sekali mengalami perubahan harga. Dalam sehari, Lion Air juga bisa berubah harganya 2 hingga 3 kali, biasanya sering kali berubah di pagi hari, siang hari, dan tengah malam. Tapi, jika Anda sering memantau pergerakan harganya, maka trennya itu akan terbaca. Biasanya, mereka juga akan menggunakan range harga yang selalu  sama, hanya bisa dibedakan di jam penerbangannya. Jika penerbangan yang selalu Anda incar itu,tiba-tiba meningkat harganya, jangan terburu-buru untuk membelinya, pada saat Anda berpikir,bahwa harga tiketnya itu terus menerus meningkat. Malah jadi sebaliknya, coba di tunggu dan lihat beberapa hari ke depan. Jika Anda selalu melihat range harga antar satu penerbangan dan penerbangan yang lain sudah meningkat, maka Anda juga bisa membeli tiketnya pada saat itu, karena berarti harga yang dasarnya memang sudah bisa menjadi lebih tinggi dibanding dengan harga yang sebelumnya.

Baca juga : Open Trip Singapore 3 Hari 2 Malam cuma 2 juta

Perhatikan pada periode perjalanan pulang pergi

Pada akhir pekan, long weekend, dan musim liburan akan selalu mahal. Jadi, kita coba liburan di periode low-season, seperti di bulan September-November dan Februari-April. Selain periode di liburan, pada hari keberangkatan dan kepulangan bisa menentukan harga tiket Anda. Kombinasinya pada hari Jumat-Minggu, Jumat-Senin, Sabtu-Minggu, atau Sabtu-Senin adalah kombinasi yang sangatlah mahal.Yang sangat Anda inginkan itu mencari harga yang murah dan juga ingin mencari hari cuti kantor Anda, saya sarankan untuk Anda yang akan mencoba kombinasi Selasa-Kamis, Rabu-Jumat, Sabtu-Selasa, dan Minggu-Rabu.

 

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.