Beranda » Malaysia » Biaya Jalan-Jalan Ala Backpacker ke Malaysia

Tidak sedikit yang masih bertanya berapa biaya jalan-jalan ke Malaysia ala backpacker dalam seharian?

Tidak perlu khawatir karena biaya hidup di Malaysia jauh lebih murah jika dibandingkan dengan biaya hidup di Singapore. Itulah sebabnya ada beberapa traveler yang masuk Singapore lewat Johor Bahru agar bisa menikmati traveling ke dua negara sekaligus.

Menurut perhitungan Lonelyplanet, biaya harian di Malaysia bisa dibagi ke dalam tiga kategori. Pertama kategori backpacker, kedua kategori menengah dan kategori atas.

Sebagai ilustrasi, kebutuhan harian di Malaysia ala Backpacker jika dijabarkan untuk penginapan ala dorm dengan bunk bed, dibutuhkan biaya sekitar RM 15 – 50. Sedangkan untuk makanan saja katakanlah makanan murah di pinggir jalan sekitar RM 5- 7 dan kebutuhan lainnya untuk transportasi sekitar RM 1-2.50.

Jika dikalkulasikan secara keseluruhan artinya kebutuhan biaya harian untuk jalan-jalan di salah satu kota di Malaysia itu sekitar RM100 atau RP 347.803 (Kurs Rupiah 21/2/2018)

Sedangkan untuk jalan-jalan ala kalangan menengah atas diperlukan bujet yang tidak sedikit minimal di atas RM 100 maksimal sekitar RM 400 atau sekitar Rp 1.4 jutaan per-hari. Tentunya fasilitas yang didapatkan sangat berbeda mulai dari hotel mewah bintang lima, makan di restoran mahal dan juga bisa mengikuti beberapa wahana mahal lain seperti diving di spot terbaik di Malaysia.

Cara berhemat di Malaysia

Katakanlah akan menghabiskan waktu perjalanan selama 6 hari 5 malam. Jadi, secara kasar bisa dikalkulasikan Rp 350 ribu dikali 6 hari di Malaysia, kira-kira sekitar Rp 2.1 jutaan.

Namun, perlu diingat bahwa dana tersebut malah bisa lebih murah lagi dengan berbagai penyesuaian. Misalnya dengan membawa bekal dari tanah air. Membawa rice cooker dan beras sendiri sehingga bisa lebih hemat pengeluaran atau membawa tenda sendiri jadi tidak perlu menyewa hotel. Sangat fleksibel sekali jika ingin menyesuaikan gaya traveling ala backpacker.

Bahkan ada juga lho tahun 2013, dua orang backpacker bisa traveling ke tiga kota di Malaysia mulai dari Penang, Melaka dan Kuala Lumpur dengan bujet Rp 2 juta saja sudah termasuk tiket pesawat. Intinya memang harus cepat kalau ada promo tiket pesawat murah ke Malaysia. Apalagi kalau ada tiket kursi gratis promo tiket pesawat Air Asia. Tinggal siapin Airport Tax aja kok.

Untuk soal hotel murah bisa mencari sekitar Jalan Alor, Bukit Bintang jika sedang berada di Kuala Lumpur. Harga sewanya ramah di kantong lagi pula di sekitarnya juga banyak tukang jualan menjajakan makanannya.

Makanan di Malaysia

Oh ya, untuk soal Makanan tak perlu ragu lagi saat berada di Malaysia karena negara ini mayoritas beragama Islam. Jadi tidak perlu terlalu khawatir soal kehalalan makanannya. Namun, tak ada salahnya juga sih bertanya terlebih dahulu memang jika ada keraguan.

Harga makanan di Malaysia tidak berbeda jauh kok dengan di Indonesia. Rata-rata berkisar antara RM 5-7 atau sekitar Rp 17 – 24 ribuan saja kok. Murah kan?

Transportasi di Malaysia

Untuk soal ongkos transportasi amat bergantung dengan tempat wisata yang akan dikunjungi dan juga gaya traveling kamu sendiri. Jika lebih banyak jalan kaki tentu saja akan sangat menghemat biaya ongkos.

Tapi jika ingin naik bus atau MRT, siapkan saja ongkosnya antara RM 1-2.0 sekali jalan atau sekitar Rp 3.500 – 9.000 sekali jalan. Cukup murah bukan? Tidak berbeda jauh dengan ongkos transportasi umum di Jakarta.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.