Beranda » Tips Wisata » Berapa Tips Persiapan Jika ingin ke Luar Negeri.

1. Siapkan dokumen penting seperti paspor dan visa

Dokumen penting tentu saja sangat dibutuhkan ketika kamu hendak travelling ke luar negeri. Persiapan untuk membuat paspor dan visa membutuhkan waktu yang cukup panjang. Agar tidak mengalami kesulitan dan tidak mepet dengan waktu keberangkatan, sebaiknya urus paspor dan visa jauh-jauh hari minimal 1 bulan sebelum keberangkatan.

Mengurus paspor tahun 2018 menjadi lebih mudah dan sederhana karena semua bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi paspor online atau mendaftar melalui online chatting Whatsapp. Namun salah satu kesulitannya adalah mendapatkan kuota antrian. Tapi kamu tidak perlu khawatir karena kamu bisa mengurus paspor di kantor imigrasi manapun tidak terpaku pada KTP.

Jika kamu sedang traveling ke luar daerah, kamu bisa mencoba mengurus paspor di tempat itu daripada mengurus paspor di sekitar Jabodetabek yang antriannya bisa menunggu sampai dengan satu bulan lamanya.

2. Siapkan pakaian sesuai dengan negara tujuan

Sebelum berangkat pastikan kamu mengetahui informasi cuaca dan musim di negara yang kamu tuju. Jangan sampai kamu salah kostum atau lupa membawa pakaian terutama pada saat musim dingin.

Ketika musim dingin tubuh rentan terhadap penyakit. Salah satu cara untuk melindunginya adalah dengan membawa pakaian yang tepat. Jika kamu hendak ke luar negeri pada saat musim dingin. Siapkan pula topi, jaket, sarung tangan, kaos kaki, dan juga sepatu yang bisa menahan dingin.

3. Siapkan barang bawaan sesuai dengan ketentuan maskapai penebangan yang dipilih

Jika kamu menggunakan maskapai penerbangan seperti air Asia kamu perlu mengetahui peraturan membawa koper ke dalam bagasi pesawat. Umumnya koper yang diizinkan untuk masuk bagasi pesawat AirAsia memiliki ketentuan tidak lebih dari 7 kg dengan dimensi 56x36x23 cm. Ketentuan tersebut wajib dipatuhi Jika kamu tidak membeli bagasi pesawat.

Dengan cara membawa koper ke dalam kabin jelas akan menghemat pengeluaran kamu untuk ongkos transportasi ke luar negeri. Cara tersebut cukup efektif karena banyak juga beberapa backpacker dan traveller yang tidak membawa barang terlalu banyak kecuali pada saat pulang yang membutuhkan bagasi lebih untuk membawa oleh-oleh dan belanjaan.

4. Siapkan itinerary dengan detail termasuk transportasi

Itinerary perjalanan biasanya menjadi salah satu panduan yang membuat perjalanan menjadi lebih efektif dan efisien. Tapi jika kamu bukan tipe orang yang pandai membuat itinerary kamu bisa mencari rekomendasi dari beberapa traveler lain yang pernah melakukan perjalanan serupa ke negara tujuan yang sama.

5. Rencanakan perjalanan sesuai dengan budget yang ada

Perjalanan atau travelling ke luar negeri akan lebih baik direncanakan sampai dengan perencanaan pengeluaran selama berada di negeri orang lain, sesuaikan juga dengan mata uang negara yang dituju. Misalnya untuk backpacking di Singapura beberapa bacpacker membagikan biaya yang mereka keluarkan dalam sehari kurang lebih sekitar 50 SGD. Sedangkan untuk traveling ke Hongkong rata-rata para backpacker dan traveller membawa uang sekitar 2.000 HKD.

Itulah sebabnya perencanaan keuangan selama traveling dibutuhkan agar kamu benar-benar cara menghemat biaya. Namun pastikan juga bahwa kamu memiliki tabungan dan juga cadangan seperti kartu kredit untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak dinginkan.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.