Beranda » Berita » Beberapa Tips Dahsyat! Belanja di Singapura Agar Tidak Kecewa & Menyesal

Singapura memang sudah menjadi tempat belanja favorite bagi wisatawan Indonesia. Namun juga sangat sering berbelanja di Singapura malah berujung kecewa.

Ada hal yang perlu kamu ketahui agar berbelanja di Singapura tak mendapatkan kekecewaan. Mungkin juga barang-barang di Singapura ada yang lebih murah jika dibeli di Indonesia.

1. Survei Harga Terlebih Dahulu

Sebelum membeli, pastikan kamu sudah melakukan survei harga. Jika dirasa harganya lebih murah jika membeli di Indonesia, sebaiknya hilangkan niat kamu untuk berbelanja di Singapura.

Sebaliknya, jika memang barang tersebut hanya baru keluar di Singapura, misalnya seperti iPhone. Tentu saja akan sangat jauh berbeda. Jadi, sebelum membeli pastikan untuk mengetahui harganya terlebih dahulu. Jika memang lebih menguntungkan membeli di singapura, baru kamu bisa membelinya.

2. Kenali Barang yang Hendak Dibeli

Tidak sepenuhnya bara-barang di Singapura itu asli. Kadang-kadang ada juga beberapa oknum nakal. Agar terhindar dari oknum seperti ini, maka anda perlu kenali dulu ciri barang original atau barang asli yang hendak kamu beli.

Misalnya jika anda ingin sekali membeli sepatu branded, pastikan kamu sudah sangat mengetahui ciri barang tersebut asli, mulai dari aksesoris sampai dengan keaslian materialnya. Jangan sampai setelah membli baru mengenali barang. Sebelum membeli identifikasi lah terbelih dahulu. Jika barang tersebut tidak sesuai dengan yang diharapkan maka segera tinggalkan toko tersebut tanpa perlu menawar lagi.

3. Pastikan Memiliki Garansi Resmi

Kesulitan saat membeli barang di Singapura adalah garansi resmi yang tidak dapat diklaim di Indonesia. Misalnya seperti handphone dan produk elektronik lainnya. Tetapi, ada juga garansi internasional untuk barang dan merek tertentu.

Jadi, sebelum membeli, tanyakan dulu apakah garansinya berlaku internasional atau hanya berlaku di singapura saja. Tentu garansi juga sangat mempengaruhi harga barangnya.

4. Tanyakan Pajaknya

Beberapa oknum kerap bermain soal pajak barang elektronik terutama handphone. Agar tidak tertipu saat membeli barang dari oknum oknum itu terutama jika menggunakan uang cash, pastikan bahwa barang yang kamu beli sudah termasuk pajak yang dibayarkan.

Jika barang yang hendak dibeli belum termasuk pajak yang dibayarkan, tanyakan berapakah pajak yang harus kamu bayar.

5. Boleh Menawar Asal Jangan Afghan

Jika memang sudah berniat untuk membeli kamu juga dapat menawarnya dengan harga yang wajar. Misalnya coba turunkan dulu harganya sekitar 60%, 50% dan seterusnya. Jika tidak ada kesepakatan segera tinggalkan dan cari toko lain.

Kuncinya, jangan terburu-buru untuk membeli. Bersikaplah seolah barang tersebut tidak terlalu kamu butuhkan. Memang dalam seni tawar menawar dibutuhkan sedikit permainan psikologi juga.

Nah, jika memang tidak ada niat untuk membeli jangan sekali-kali untuk iseng mencoba menawar. Cari tempat belanja di daerah-daerah komunitas seperti Little India, Chinatown atau Kampong Glam di Singapura. Terutama jika ingin berburu cokelat enak dan harganya ramah di kantong, jangan pernah membelinya di Bandara Changi kecuali jika kebetulan hanya bisa transit.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.