Beranda » Berita » Beberapa Solusi Permasalahan Aplikasi Antrean Paspor Online

Diberlakukannya aplikasi antrian paspor online, ternyata bayangan yang mudah tidak menjadi realitas, karena beberapa kendala teknis masih kerap tejadi di lapangan dalam menggunakan aplikasi antrian paspor online.

Apa saja kira kira permasalahan yang dihadapi pemohon jika hendak ingin membuat paspor? Berikut adalah rangkumannya.

Email Verifikasi yang tidak muncul

Email balasan biasanya akan muncul ketika sudah melakukan pendaftaran. Tetapi terkadang beberapa pengguna sepertinya kurang teliti karena biasanya email verifikasi ada yang masuk ke dalam inbox namun ada pula yang masuk ke dalam kotak spam.

Jika merasa sudah mendaftar namun tidak mendapatkan email verifikasi, maka jangan merasa panik terlebih dahulu, tapi hendaklah periksa kotak spam terlebih dahulu untuk memeriksa apakah ada email verifikasi yang masuk melalui kotak tersebut.

Kebiasaan pengguna aplikasi adalah tidak memeriksa kotak spam sehingga mereka beranggapan bahwa mereka tidak mendapatkan email verifikasi setelah proses pendaftaran untuk menggunakan aplikasi antrian paspor online selesai.

Tidak Bisa Mendapatkan Kuota Antrean

Pertanyaan tentang masalh yang sering ditanyakan adalah tentang kuota antrean. Jumlah kuota antrian sangat tergantung pada kebijakan kantor imigrasi.

Kantor imigrasi dalam satu hari bisa melayani lebih dari 100 pemohon paspor setiap harinya. Maka untuk itu sangat diperlukan pengaturan khusus agar penumpukan tidak terjadi pada saat jadwal yang sudah ditetapkan.

Jika pada hari biasa tidak mendapatkan kuota antrean, maka cobalah periksa kuota antrian paspor online pada saat akhir pekan. Rajinlah untuk memeriksa kuota antrian mulai dari hari Jumat pagi sampai dengan Minggu malam. Pada minggu pertama atau minggu kedua lah biasa kuota antrian akan dibuka, namun itu pun sangat bergantung pada kebijakan kantor imigrasi masing-masing daerah.

Email Balasan Tidak Ada setelah Mendapatkan Jadwal

Tidak adanya email balasan setelah mendapatkan jadwal adalah permasalahan lain yang sering kali ditanyakan.

Jika memang tidak mendapatkan email untuk konfirmasi jadwal kedatangan untuk interview permohonan paspor, sebaiknya diperiksa terlebih dahulu melalui aplikasinya. Apakah sudah mendapatkan kode QR Code atau belum?

Cara untuk melihat atau mendapatkan QR Code sebetulnya sangat mudah. Yang perlu kamu lakukan hanya tinggal mengetuk pada kolom jadwal atau menekan kolom jadwal beberapa saat hingga muncul QR Code. Kolom jadwal hanya akan muncul jika sudah dipastikan mendapatkan nomor kuota antrean dari aplikasi antrian paspor online.

Sementara Hanya Tersedia di Android

Sayangnya untuk saat ini aplikasi antrian paspor online baru hanya tersedia di playstore artinya hanya pemohon yang memiliki ponsel atau smartphone Android saja yang bisa mengunduh aplikasi antrian paspor online.

Namun jangan khawatir karena pihak yang Imigrasi saat ini memang tengah mengembangkan aplikasi antrian paspor online untuk sistem operasi iOS atau para pemilik smartphone Apple.

Sementara waktu jika memang kamu belum memiliki ponsel Android, kamu bisa meminjam atau menggunakan ponsel Android milik teman atau milik orang tua agar tetap bisa mengurus permohonan paspor dengan mudah.

Alternatif Lain Selain Menggunakan Aplikasi Antrian Paspor Online

Jika beberapa permasalahan tersebut masih terjadi dan sepertinya akan sulit untuk diperbaiki sendiri, maka alternatif lainnya kamu bisa melakukan pendaftaran untuk mendapatkan kuota antrian paspor online dengan menggunakan WhatsApp Gateway System yang saat ini sudah tersedia di beberapa Kantor Imigrasi terdekat di kota kamu.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.