Beranda » Berita » 7 Tips Untuk Kamu yang Baru Pertama Kali Ke Luar Negeri

Sudah punya rencana untuk travelling ke luar negeri? Kalau liburan ke luar negeri ini adalah yang pertama kali untukmu pasti ada kebingungan yang kamu alami. Pertanyaan yang paling sering ditanyakan adalah apa saja yang harus disiapkan. Enggak susah kok pergi ke luar negeri asalkan kamu sudah menyiapkan semuanya. Coba deh 10 tips ini untuk membantumu menyusun rencana perjalan ke luar negeri pertama kali.

1. Membuat passport

Passport adalah hal penting yang harus kamu urus sesegera mungkin. Bisa dibilang passport ini seperti kunci kemana saja yang bisa membawamu ke negara-negara yang belum pernah kamu kunjungi. Passport sangat dibutuhkan mulai dari beli tiket sampai nanti check in di hotel.

Sekarang enggak susah membuat passport kamu bisa langsung mendaftar online dan mengisi data-data yang diperlukan sebelumnya. Tapi jangan lupa untuk menyiapkan dokumen pendukung seperti ijazah terakhir, kartu keluarga, akte lahir, KTP, dan persyartan lainnya. Oh ya kalau memang memungkinkan kamu bisa nih memilih E-Passport yang akan memberikanmu banyak kemudahan.

2. Memesan penginapan

Walaupun kamu tipe traveler yang bebas dengan gaya mengalir seperti air yang namanya pergi ke luar negeri itu tetap berbeda. Kamu wajib memesan penginapan jauh-jauh hari jangan sampai kamu bisa kesana tapi bingung harus tidur di mana.

Penginapan ini bisa disesuaikan dengan budget kok kalau kamu ke sana dengan budget mepet kamu bisa memilih hostel, couchsurfing, atau Air B n B. Intinya penginapan itu sama pentingnya dengan tiket penerbangan dan mengurus Visa. Beberapa negara juga mewajibkan mencantumkan alamat menginap selama berpergian sebagai syarat pengajuan Visa.

3. Pelajari negara tujuan

Kalau perjalanan pertamamu ini untuk bekerja mungkin kamu enggak terlalu memikirkan karena pasti kantor sudah mengatur semuanya. Nah berbeda dengan kamu yang pergi liburan kamu harus nih mengenali negara tujuanmu.

Tujuannya supaya kamu lebih siap dan enggak melakukan kesalahan pas sampai di negara tujuan. Enggak lucu kan kalau kamu packing kaos-kaos tipis eh pas sampai ternyata lagi musim dingin. Mempelajari negara tujuan ini juga membuatmu lebih hemat waktu selama berada di negara tujuan. Oh ya jangan lupa untuk mempelajari kebiasaan dan aturan di negara tempatmu berlibur ya.

4. Tukarkan uang

Hal ini juga penting untuk dilakukan sebelum kamu pergi ke luar negeri. Kamu enggak mau ribet kan pas sampai di negara tujuan harus repot cari-cari tempat penukaran uang. Kamu bisa menukarkan sebagian uang ke mata uang negara tujuan dan tetap membawa rupiah. Jangan lupa untuk meminta pecahan uang kecil dan koin karena ini akan kepakai banget.

5. Aktifkan nomer ponsel

Walaupun sedang berlibur kamu tentu enggak mau ketinggalan berita-berita penting atau berbagai dengan orang-orang tersayang kan. Makanya penting banget mengaktifkan nomer ponselmu, beli simcard lokal untuk bisa terus berkomunikasi atau kamu juga bisa memesan modem WiFi sebelum berangkat ke negara tujuan.

6. Siapkan itinerary

Namanya baru pertama kali semua persiapan harus dilakukan dengan matang. Selain mencari tahu dan mengenali negara tujuanmu kamu juga harus membuat itinerary yang isinya rencana perjalananmu. Misalnya saja obajke wisata yang ingin kamu kunjungi, transportasi yang kamu butuhkan dan lainnya.

Salah satu cara kamu bisa mengatur budget adalah dengan membuat rencana perjalanan ini. Kamu bisa mengira-ngira berapa biaya yangkamu butuhkan untuk satu hari perjalanan mulai dari makan sampai transportasinya.

7. Bawa barang-barang penting saja

Ingat ya kamu hanya ingin liburan bukan pindah rumah jadi barang-barang yang dibawa enggak usah banyak-banyak. Packing barang-barang yang benar-benar kamu butuhkan saja jangan sampai kamu capek duluan sama barang bawaanmu.

Kalau kamu bisa mencuci di negara tujuan lebih baik bawa baju secukupnya saja. Oh ya tinggalkan juga barang-barang yang berat dan tidak dibutuhkan misalnya saja membawa beberapa tas atau aksesoris yang berlebihan. Jangan lupa juga untuk membawa alat mandi dan kosmetik tapi jangan dalam ukuran asili ya. Kamu bisa menaruhnya di botol-botol atau tempat kecil untuk menghemat ruang dan enggak jadi beban karena terlalu berat.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.