Beranda » Malaysia » 7 Tips Persiapan Traveling Pertama Kali Ke Malaysia

Apabila kalian ingin travelling ke Malaysia untuk pertama kali tanpa travel agent, kalian perlu mengetahui beberapa informasi penting yang harus disiapkan sebelum keberangkatan. Persiapan yang matang sebelum keberangkatan akan membuat perjalananmu menjadi lebih mudah dan menyenangkan sesuai rencana, sejak menjejakkan kaki di negeri Malaysia hingga tiba kembali di tanah air.

1. Siapkan Paspor

Dokumen wajib sebagai bukti identitas diri yang wajib dibawa ketika hendak melakukan perjalanan ke luar negeri, tak terkecuali bila kalian mau ke Malaysia. Sebagai pemegang paspor WNI, kalian cukup membawa paspor saja, tidak perlu mengurus visa. Saat tiba di bandara Kuala Lumpur pun, kalian tidak akan dibagikan kartu Imigrasi seperti di Singapura. Kamu hanya perlu berjalan ke loket Imigrasi untuk mendapatkan stempel pada paspor.

2. Booking Tiket dan Hotel

Pesanlah tiket pulang pergi jauh sebelum hari keberangkatan ke Malaysia agar kalian bisa mempersiapkan perlengkapan lain sebelum berkunjung ke Malaysia. Jangan lupakan akomodasi selama kalian berada di Malaysia, cari dan booking hotel sesuai anggaran budget. Untuk rekomendasi hotelnya kalian bisa melihat di situs online

Kalau kamu suka belanja, area Bukit Bintang adalah rekomensasi yang tepat, sedangkan bila budget terbatas, kalian bisa mencari guesthouse atau hostel di kawasan Masjid Jamek dan Pasar Seni bisa menjadi pilihan yang tepat.

3.Siapkan Peta Wisata dan Transportasi Umum

Sebaiknya kalian mengunggah peta wisata Malaysia dan peta transportasi umum sebagai antisipasi. Di bandara Kuala Lumpur tidak banyak menyediakan peta seperti bandara Changi Singapura. Kalian juga bisa mendatangi Tourism Information Center untuk mendapatkan brosur rute tempat wisata secara gratis. Pelajari peta transportasi umum seperti LRT, monorail, serta KTM komuter line yang akan membawa kalian berkeliling tempat wisata dengan harga yang tidak menguras kantong.

4. Converter Stop Kontak Kaki Tiga

Di Malaysia menggunakan stop kontak kaki tiga, berbeda dengan Indonesia yang banyak menggunakan stop kontak kaki dua. Kalian harus menyiapkan converter supaya bisa mengisi ulang baterai handphone, kamera, dan laptop. Gak seru kan, kalau kalian tidak bisa merekam momen liburan hanya karena baterai gadgat kosong?

5. Unggah Aplikasi Taksi Online

Nah, ini buat kalian yang tidak mau pusing membawa peta transportasi umum, kalian bisa menggunggah aplikasi taksi online seperti di Indonesia. Perjalanan akan lebih mudah, tidak nyasar, dan pastinya harga yang kalian bayarkan sesuai dengan tarif resmi. Banyak taksi di Malaysia yang tidak menggunakan argo, sehingga wisatawan yang tidak paham jalan harus membayar lebih mahal dari yang seharusnya.

6. Aktifkan “Overseas Withdrawal”

Sebagai antisipasi dana cadangan, kalian wajib mengaktifkan fitur Overseas Withdrawal, atau penarikan dana di luar negeri pada kartu ATM kalian. Hubungi Customer Service pada nomer tertera di belakang kartu ATM, atau datangi langsung bank yang menerbitkan ATM-mu. Gunakan penarikan dana saat terdesak saja, ya. Pastikan semua pengeluaranmu sesuai yang sudah kalian anggarkan sebelumnya.

7. Kenali Negara Tujuan

Lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya. Pepatah ini sangat berguna saat kalian berada didaerah atau negara lain. Walau Indonesia dan Malaysia memiliki rumpun budaya dan bahasa yang hampir sama, ada banyak aturan yang berbeda. Kalian harus mencari tahu dan aktif browsing tentang Malaysia dan pengalaman orang-orang yang sudah pernah melakukan perjalanan ke sana agar liburan kalian jadi menyenangkan

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.