Beranda » Malaysia » 6 Makanan khas Malaysia yang Paling Populer

Malaysia adalah Negara yang cukup dekat dengan Indonesia dan termasuk ke dalam wilayah Asia Tenggara. Memiliki penduduk dengan tiga etnis utama yaitu Melaya, India dan China. Dengan ragam etnis itu membuat Malaysia memiliki gaya kuliner yang cukup beragam. Nah, jika kamu ingin tau lebih lanjut makanan khas Malaysia, yuk simak artikel selengkapnya!

    1. Ayam Percik

6 Makanan khas Malaysia yang Paling Populer

Ayam percik adalah kuliner dengan bahan dasar ayam yang diolah dengan ragam jenis rempah. Di Malaysia makanan ini terkenal dengan dua jenis ayam percik yang dibedakan dari tempatnya, yaitu Kelantan dan Trengganu. Perbedaan dari kedua jenis ayam percik ini adalah Klantan menggunakan saus dan bumbu dari campuran santan sedangkan Trengganu dibuat dengan tambahan bumbu cabai, sehingga rasanya lebih pedas dan menggugah selera.

  1. Nasi Kerabu

6 Makanan khas Malaysia yang Paling Populer

Nasi Kerabu adalah icon kuliner khas Negeri Jiran yang selalu diburu oleh wisatawan yang berlibur ke Malaysia. Hidangan ini cukup unik karena mempunyai warna asal kebiruan sehingga banyak yang membuat orang penasaran dengan rasanya.

Hidangan ini biasanya menjadi santapan utama bersama lauk pendamping seperti ikan kering, ayam goring, telur asin, kerupuk, ayam bakar dan berbagai jenis sayuran. Namun sayangnya, Kerabu saat ini sudah tidak banyak yang menghidangkan nasi berwarna biru karena sulit menemukan pewarna alaminya sehingga dapat diganti dengan nasi putih biasa atau nasi kuning dan nasi hitam.

  1. Asam Laksa Penang

6 Makanan khas Malaysia yang Paling Populer

Bila Singapura memiliki menu makanan laksa yang khas, Malaysia pun memiliki hidangan yang sama sengan nama Asam Laksa Penang. Makanan ini terdiri dari mie atau bihun yang disiram dengan kuah yang kental kental dan asam pedas. Lalu, hidangan ini ditaburi dengan topping ikan mackerel segar, selada, nanas, mentimun, dan cabai.

Usut punya usut, makanan ini merupakan kombinasi dari masakan Cina dan Melayu. Makanan ini memiliki rasa yang cukup pedas namun segar dan tentu sangat lezat. Bagi Anda yang gemar masakan pedas, tidak boleh sampai melewatkan kuliner yang satu ini.

  1. Nasi Lemak

6 Makanan khas Malaysia yang Paling Populer

Anda tentu sudah tau masakan ini, karena nasi lemak memang sudah banyak dijual di beberapa rumah makan di Indonesia. Nasi lemak terbuat dari nasi yang direndam di dalam air kelapa (santan), lalu nasi dikukus sampai matang.

Tidak hanya itu, beberapa rempah seperti pandan, jahe, dan sereh pun digunakan untuk menyedapkan aroma nasi lemak. Nasi lemak biasa disajikan bersama lauk ayam goring, tumis kangkung, telur rebus, rending sapi goring, sambel goring teri kacang dan sambal sotong.

Rasa dari nasi lemak sangat gurih dan juga sedikit mirip nasi uduk, nasi campur dan nasi gemuk khas jambi. Dijamin, perut anda akan terisi penuh setelah menghabisi sepiring nasi lemak ini.

  1. Nasi Daun Pisang

6 Makanan khas Malaysia yang Paling Populer

Meskipun berasal dari India, namun nasi daun pisang sudah jadi makanan khas Malaysia yang bisa dicoba saat berkunjung kesana. Sama seperti “nasi pincuk” yang ada di Jawa Timur – Indonesia, Nasi daun pisang ini dibungkus dengan daun pisang.

Menu masakan ini adalah nasi putih dengan bumbu kari yang dihidangkan dengan lauk rendang kambing, rending ayam dan juga sayuran. Sepintas tampilan dan lauk dari makanan ini hampir mirip dengan nasi padang ya?

  1. Murtabah

Apa yang terpikirkan oleh Anda saat mendengar nama ‘Murtabah’? Terpikirkah oleh Anda bahwa Murtabah adalah makanan yang serupa dengan martabak telur? Ya, rupa dan cara memasak makanan ini memang sama dengan martabak telur yang dijual di Indonesia.

Itulah beberapa makanan yang wajib dicoba saat berkunjung ke Malaysia, jangan lupa untuk mencoba makanan tersebut ya! Jika Anda ingin mendapatkan paket liburan murah ke Malaysia atau Negara lainnya Anda bisa menghubungi website kami karena banyak promo yang ditawarkan.

WWW.REFLYTRIP.COM/TOUR

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.