Beranda » Tips Wisata » 5 Tips Persiapan untuk Traveling ke Luar Negeri

 Persiapan traveling ke luar negeri sebetulnya tidak terlalu ribet. Sekarang cukup banyak referensi yang bisa kamu dapatkan melalui sosial media seperti grup di Facebook tentang backpacker ataupun beberapa situs travel blog yang memberikan banyak tips-tips ke luar negeri. Selain paspor dan visa ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan dan juga kamu persiapkan sebelum berangkat ke luar negeri.

Yang paling utama adalah menyiapkan mental kamu untuk travelling ke luar negeri entah itu sendirian ataupun bersama teman-teman maupun keluarga. Berikut adalah tips persiapan travelling ke luar negeri pertama kali untuk backpacker atau Traveler.

1. Siapkan dokumen paspor dan visa

Dokumen penting tentu saja sangat dibutuhkan ketika kamu hendak travelling ke luar negeri. Persiapan untuk membuat paspor dan visa membutuhkan waktu yang cukup panjang. Agar tidak mengalami kesulitan dan tidak mepet dengan waktu keberangkatan, sebaiknya urus paspor dan visa jauh-jauh hari minimal 1 bulan sebelum keberangkatan.

Namun salah satu kesulitannya adalah mendapatkan kuota antrian. Tapi kamu tidak perlu khawatir karena kamu bisa mengurus paspor di kantor imigrasi manapun tidak terpaku pada KTP.

 

Untuk mengurus visa, yang paling susah dalam mengurus visa ke Benua Amerika dan juga Australia. Beberapa syarat harus dilampirkan secara lengkap. Lebih enak lagi Jika kamu memiliki sponsor sehingga persetujuan visa akan lebih mudah dan cepat.

Namun untuk travelling ke luar negeri saat ini bisa kamu siasati dengan memilih negara-negara tidak perlu membutuhkan Visa. Misalnya ke beberapa negara di ASEAN dari yang dekat dekat saja dahulu. Jika kalian ingin ke Jepang tanpa visa maka sebaiknya urus segera paspor elektronik.

2. Siapkan pakaian sesuai dengan negara tujuan

Sebelum berangkat pastikan kamu mengetahui informasi cuaca dan musim di negara yang kamu ingin kunjungi. Jangan sampai kamu salah kostum atau lupa membawa pakaian tertentu pada saat musim dingin.

Pada saat musim dingin tubuh rentan terhadap penyakit. Salah satu cara untuk melindunginya adalah dengan membawa pakaian yang hangat. Jika kamu hendak ke luar negeri pada saat musim dingin. Siapkan pula topi, jaket, sarung tangan, kaos kaki, dan juga sepatu yang bisa menahan dingin.

3. Siapkan barang bawaan sesuai ketentuan maskapai penerbangan

Jika kamu menggunakan maskapai penerbangan murah seperti air Asia kamu perlu mengetahui peraturan membawa koper ke dalam bagasi pesawat. Umumnya koper yang diizinkan untuk masuk bagasi pesawat AirAsia memiliki aturan tidak lebih dari 7 kg dengan dimensi 56x36x23 cm. Aturan tersebut wajib dipatuhi Jika kamu tidak membeli bagasi pesawat.

Dengan cara membawa koper ke dalam kabin jelas akan menghemat pengeluaran kamu untuk ongkos transportasi ke luar negeri. Cara tersebut cukup efektif karena banyak juga beberapa backpacker dan traveller yang tidak membawa barang terlalu banyak kecuali pada saat pulang yang membutuhkan bagasi lebih untuk membawa oleh-oleh.

4. Siapkan itinerary dengan detail termasuk transportasi

Itinerary perjalanan biasanya menjadi salah satu panduan yang tepat untuk perjalanan menjadi lebih efektif dan efisien. Tapi jika kamu bukan tipe orang yang pandai membuat itinerary kamu bisa mencari rekomendasi dari beberapa traveler lain yang pernah melakukan perjalanan ke negara yang sama.

Namun kembali lagi soal tempat wisata adalah soal selera masing-masing. Selain itu juga bisa disesuaikan dengan budget yang ada karena setiap orang pasti memiliki perencanaan keuangan yang berbeda saat travelling ke luar negeri.

5. Rencanakan perjalanan sesuai dengan budget yang ada

Perjalanan ke luar negeri akan lebih baik direncanakan sampai dengan perencanaan pengeluaran selama berada di negeri orang lain, sesuaikan juga dengan mata uang negara yang dituju Itulah sebabnya perencanaan keuangan selama traveling dibutuhkan agar kamu benar-benar bisa menghemat biaya. Namun pastikan juga bahwa kamu memiliki tabungan dan juga cadangan seperti kartu kredit untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak dinginkan.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.