Beranda » Singapore » 5 Tempat Wisata Religi di Singapura dengan Bangunan Terbaik

Buat yang suka menyusuri beberapa tempat wisata religi di Singapura, ada beberapa rekomendasi tempat terbaik yang bisa kalian kunjungi.

Selain menjadi tempat peribadatan yang masih aktif sampai saat ini, beberapa tempat wisata religi di Singapura ini menunjukkan akan kehidupan rukun dan damai dalam negara yang multi kultural dan multi agama.

Sebelum mengunjungi beberapa tempat wisata religi ini, ada baiknya kamu menyesuaikan berpakaian yang sopan. Yah, namanya juga tempat ibadah. Gak mungkin dong kamu masuk ke tempat ibadah pakai hot pants.

 

1. Kuil Buddha Tooth Relic

Rumah ibadah ini memang sudah menjadi salah satu ikon di Chinatown. Jadi, sebelum kalian berfoto di depan kuil ini rasanya belum lengkap.

Lokasinya berada di pusat Chinatown, South Bridge Road. Desain bangunannya yang menarik dan kontras dengan bangunan disekitarnya dipercaya merupakan warisan dari zaman Dinasti Tang. Bangunan empat lantai ini menjadi salah satu tempat wisata ibadah paling ikonik karena  sangat mirip dengan beberapa bangunan di Jepang.

2. Masjid Sultan

Bagi traveler muslim, mengunjungi masjid di negeri orang memang sudah menjadi salah satu itinerary yang tidak bisa kalian lewatkan. Nah, salah satu Masjid yang kerap kali dikunjungi oleh traveler Indonesia di Singapura adalah Masjid Sultan.

Masjid dengan kubah berwarna emas ini berada di Kampung Glam. Termasuk salah satu kampung muslim yang ada di Indonesia. Selain itu juga kamu bisa mendapatkan pilihan berbagai kuliner halal di sekitar Sultan Mosque.

Masjid ini sudah lumayan berusia cukup tua. Bangunan dengan ciri khas arsitektur bergaya istana di padang pasir ini dibangun pada tahun 1824 dan pernah dilakukan pemugaran tahun  1932.

Waktu terbaik untuk mengunjungi masjid ini adalah pada saat bulan Ramadhan. Seperti halnya di Indonesia, pada saat Ramadan terdapat bazar makanan takjil murah di sekitar Sultan Mosque Singapore.

 

3. St Andrew’s Cathedral

Beralih ke komunitas agama lain di Singapura, salah satu gereja katedral yang kerap dijadikan rujukan ini karena arsitekturnya yang menawan adalah St Andrew’s Cathedral.

Gereja ini termasuk bangunan yang sangat dilindungi karena menjadi salah satu situs peninggalan bangunan budaya di Singapura. Arsitekturnya mengingatkan kita pada bangunan yang ada disekolah Hogwarts dalam film Harry Potter.

Gereja ini bahkan sempat digunakan sebagai Rumah Sakit darurat pada saat perang dunia ke dua. Jaraknya cukup dekat dengan City Hall MRT sehingga sangat mudah dijangkau oleh para traveler.

 

4.  Kuil Sri Krishnan

Jika sempat berkunjung ke daerah Waterloo Street di Singapura ada sebuah bangunan menarik yang berdiri sangat kontras dengan bangunan di sekitarnya. Bangunan yang penuh dengan patung Dewa dan Dewi ini adalah sebuah kuil yang disakralkan di singapura.

Kuil ini dibangun pada tahun 1870 yang menjadi suatu tempat ibadah umat Hindu di Singapura. Selain komunitas Muslim, Kristen, dan Budha, komunitas Hindu di Singapura juga termasuk salah satu yang berkembang lumayan sangat banyak.

Sekadar informasi, jika kamu ingin memotret di dalam Kuil ini kamu akan dikenai biaya kamera sebesar SIN $3, sedangkan untuk merekam video akan dikenai biaya sekitar SIN $4. Jadi, pastikan menyiapkan uang pas ya jika kalian mau mengabadikan dengan ponsel kalian.

Kuil ini juga berdekatan dengan Kwan Im Thong Hood Cho Temple sehingga kamu bisa sekaligus mengunjungi dua kuil yang berbeda di lokasi yang sama.

 

5. Masjid Abdul Gafoor

Jika masih kurang puas jalan-jalan wisata religi di Singapura ada salah satu masjid lain yang bisa kamu kunjungi. Masjid ini bernama Abdul Gaffor Singapore. Lokasinya berada di kawasan Little India yang menjadi pusat belanja bagi wisatawan Indonesia.

Masjid yang didirikan pada tahun 1907 ini pernah mengalami pemugaran pada tahun 2003. Arsitekturnya menarik karena sangat berbeda dengan bangunan masjid pada umumnya. Jadi, pastikan kamu bisa mengunjunginya sambil berwisata di Singapura.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.